Wednesday, October 28, 2009

Universitas Fukui (福井 大学 – Fukui Daigaku)



Ini universitas tempat saya menuntut ilmu selama 1 tahun (2007-2008), Universitas ini punya dua kampus, yaitu Matsuoka Kampus (Fakultas kedokteran) dan Bunkyo Kampus (Fakultas Teknik). Nah, saya belajarnya di Bunkyo Kampus. Seperti halnya kebanyakan universitas di jepang, Universitas ini mempunyai fasilitas pendidikan yang bagus. Dari ruang kuliah, sistem peminjaman buku di pustaka, kantin, klinik kesehatan, kegiatan ekskul mahasiswa, sarana olahraga, hmm, patut diancungi jempol.
Rata-rata ruangan kuliah yang ada disini, sangat nyaman untuk belajar sehingga tidak heran baik ketika kuliah berlangsung atau sudah berakhir, mahasiswanya masih betah berlama-lama di ruangan kelas baik sekedar ngulang pelajaran atau berbincang2 dengan teman2.
Sistem peminjaman buku di pustaka juga sangat bagus, ketika proses registrasi di pustaka setiap mahasiswa harus mendaftarkan no hape dan e-mail hape nya sehingga memudahkan sistem untuk mengingatkan mahasiswa untuk mengembalikan buku ke pustaka. Setiap mahasiswa dapat meminjam sampai 6 buku (2 minggu). Dengan sistem database yang mereka punya, memungkinkan mahasiswa untuk meminjam atau mengembalikan buku via mesin. Jika ada masalah bisa melapor pada staf pustaka. Hmm, jika jadwal pengembalian buku sudah dekat, biasanya akan ada pesan yang disampaikan ke mail phone mahasiswa. Ckckck, jadi ga da istilah telat balikin buku ke perpus karena lupa=).
Kantin di sini juga oke, walopun saya ga pernah makan di kantin. Suasana kantinnya menyenangkan, karena luas terus pemandangan diluar juga bersih. Mahasiswa setelah makan biasanya nyuci piringnya sendiri. So, bener2 ga ngerepotin orang kantin. Ngiri ndak, sama jepang, Negara kita kapan ya bisa kayak gitu?! Lantas kenapa bisa saya jarang ke kantin ya?=D, Bukan apa2 sih, karena saya ga yakin kl makanan yang disediakan di kantin itu bener2 halal. Jadinya saya lebih memilih untuk memasak sendiri di asrama. Itung2, lebih ngirit dan sekalian latihan masak gituu=D.
Trus apalagi ya, setiap semester ada pemeriksaan kesehatan di klinik kesehatan kampus. Ntah diapain dah kita, disuntik, di tes urine, di x-ray..*mengerikan*
Selain itu, kegiatan ekskul mahasiswanya paten, sarana olahraganya juga oke banget. Tapi, saya ndak terlalu gabung2 dengan UKM di sana, lebih tepatnya tidak menyediakan waktu karena mesti kuliah trus riset lagi..
Inilah sedikit gambaran tentang universitas fukui. Moga bermanfaat bagi yang berniat lanjut kuliah di sana.

2 comments:

  1. hy kaka kita mw tanya2 tentang universitas fukui
    untuk asramanya ada dekat International Student Center ya? mohon dijawab kapan ada waktu ya kak ^-^
    nandarizki.dj@gmail.com

    ReplyDelete
  2. hi nanda rizki, makasih komennya.
    asrama mahasiswa lebih tepatnya di seberang bungkyo kampus, jaraknya lebih kurang 500m.
    ada rencana kuliah di universitas fukui? :)

    ReplyDelete

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...