Tuesday, February 9, 2016

The 2rd Trimester: Cari Info Tempat Lahiran

Week 29. Janinnya sekarang makin berat, tidur terlentang udah mulai susah. Harus biasain tidur samping kanan atau kiri, karena lebih dianjurkan seperti itu. Porsi makan udah banyak walopun sebenarnya yang baik itu tetap makan sedikit tapi sering :D. udah mulai buat daftar belanja untuk ibu dan bayi. Udah mulai sering tanya2 proses lahiran teman-teman atau tetangga. 

Minggu ini juga jadwal konsul ke dokter, tapi rupanya si dokter gi prajab di luar kota. Alhasil, supaya ga rugi karena dah keluar rumah. Saya kontrol ke bidan. Untuk pertama kali. Rencana insya Allah saya mau melahirkan di Klinik Seulanga. Jadi kesempatan ini saya pake untuk kontrol ke bidan di klinik itu. Alhamdulillah, bidan bilang kondisi janin dan ibu baik. Pada kesempatan ini juga sekaligus saya nanya-nanya prosedur jika ingin melahirkan di tempat tersebut. beberapa info yang saya dapat:

Jika persalinan normal
Dengan bidan saja, biaya 1,7-2,5jt
Jika ada kasus perlu panggil dokter, biaya 3jt ke atas
Biaya menginap per malam 400k

Jika persalinan sesar
Operasi dilakukan di RS dan perawatan di klinik seulanga, biaya mulai dari 10-12jt

Selain itu, ada perlengkapan yang perlu dipersiapkan
Keperluan ibu
Sarung pendek dan panjang
Baju yang bisa untuk menyusui
Pembalut maternity
Gurita ibu

Keperluan bayi
Popok 5 lembar
Bedong 10 lembar
Baju 5 lembar
Sarung tangan dan kaki 3 set
Perlengkapan mandi: handuk, sabun, sampo, minyak telon

Beberapa info tambahan dari tetangga: Tisu basah, Handuk kecil, dan Topi sebaiknya disiapin. Selain itu beberapa dokumen seperti fotocopy ktp ayah/ibu 4 lembar, fotocopy KK 4 lembar juga perlu disiapin.

No comments:

Post a Comment

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...