Tuesday, February 9, 2016

The 3rd Trimester: Konsul Konsul Konsul

Week 36.
Cek Hb di puskesmas udah. Hb nya 10. Ternyata dokter perlunya minimal 10.5 supaya pas operasi ga perlu transfusi darah. Jadinya beliau kasi obat HB Vit untuk naikin Hb.

Week 38.
Masi PPT, jadi obgyn langsung kasi surat pengantar untuk operasi sesar. Seminggu lagi. Sebenarnya dokter bilang ga boleh lama2 karena resiko pendarahan jika terjadi kontraksi. Tapi karena KK juga belom siap dan JKRA juga belom urus jadinya minta waktu seminggu lagi. Mudah-mudahan ga sampe terjadi pendarahan.

Pergi ke beberapa bidan dan pas mereka ngecek katanya ada kemungkinan untuk lahir normal. Tapi pas saya bilang kalo dari konsul dokter, kondisi saya PPT. Bidan langsung bilang harus sesar. Namun bidan juga nanya, apa ada pendarahan? Saya jawab, pendarahan ada di awal kehamilan. Bidan coba tekan-tekan perut dan nanya apa ada nyeri. Alhamdulillah sih ga terasa nyeri. Biasanya kalo PPT, kata bidan, pasiennya mengalami pendarahan dan nyeri kalo ditekan area perut. Selain itu, beraktivitas sedikit aja bisa keluar darah. Ini saya enggak, ke tempat bidan bisa naik kendaraan tanpa mengalami pendarahan. Jadi bidan agak ragu kalo saya PPT. Akhirnya bidan menyarankan untuk pergi ke dokter lain. Cari second opinion aja, untuk ngecek apa benar PPT. Akhirnya saya balik lagi ke obgyn kedua dan ternyata setelah di USG tidak ada PPT lagi Alhamdulillah. Obgyn kedua lebih senior, lebih banyak pengalaman dan alat USGnya lebih bagus dari obgyn pertama. Cuma karena masalah attitude, saya lebih nyaman konsul dengan obgyn pertama.

Nah sekarang, jadi bingung apa lanjut sesar atau gimana. Setelah istikharah akhirnya, saya minta jadwal sesar diundur beberapa hari lagi, Karena mau konsul sekali lagi dengan obgyn pertama. Karena walaupun tidak PPT, kemungkinan untuk sesar masi ada karena belum tau apakah panggul memungkinkan untuk melahirkan normal dan posisi bayi yang masi belum masuk panggul.

No comments:

Post a Comment

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...