Sunday, December 18, 2011

Sedikit tentang Susu


Beberapa hari lalu saat pergi ke supermarket untuk membeli susu, saya dihampiri seorang SPG yang menawarkan produk susu yang belum terlalu familiar bagi saya, SPG itu bilang kalo susu yang dia tawarkan ini, 100% kalsium susu. Lebih baik jika dibandingkan dengan susu lain yang udah rada terkenal tapi susu tersebut mengandung kalsium karbonat. Saat itu, karena masih bingung, terakhir ga jadi beli, karena pengen cari2 info dulu tentang susu.
Nah, dari beberapa sumber yang saya baca, saya pahami sedikit bahwa susu itu terbagi menjadi dua ada susu cair dan susu bubuk.

Susu Cair
Susu cair itu sendiri ada yang dikenal dengan susu segar dan susu cair olahan. Susu segar itu adalah susu yang didapat dari hasil pemerahan dan tanpa proses pengolahan. Yang dikhawatirkan dari susu segar ini adalah adanya bakteri yang masih hidup dalam susu.
Sedangkan susu cair olahan yaitu susu yang telah melewati proses pemanasan. Susu olahan terbagi dua yaitu susu pasteurisasi dan susu UHT. Beda pengolahannya terdapat pada suhu dan lamanya pemanasan. Kalo pengolahan pada susu pasterurisasi, suhunya lebih rendah dan waktunya lebih lama, tujuannya untuk  membunuh bakteri. Sedangkan pada susu UHT, proses pemanasannya itu menggunakan suhu yang lebih tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat. Tujuannya agar kandungan gizi pada susu tidak berubah.

Susu Bubuk
Nah, kalo susu bubuk diperoleh dari proses pengeringan susu segar. Proses pengeringan ini memakan waktu lama yang menyebabkan sekitar 30% kandungan gizi pada susu menjadi berkurang, sehingga untuk menutupi kekurangan kandungan gizi ini ditambahlah kandungan2 gizi yang lain dari luar susu. Yang harus dipastikan dalam membeli susu bubuk adalah kandungan zat tambahan dalam susu bubuk tersebut adalah aman. Selain itu juga kita mesti paham bahwa zat2 tambahan dari luar susu agak bermasalah diserap dalam tubuh kita. Tentu kita enggak mau kan kalo udah merasa minum susu dengan kalsium tinggi tapi nyatanya yang dapat diserap oleh tubuh hanya sebagian kecil aja sehingga kurang ngaruh dengan kesehatan tubuh kita.

Konsumsi susu bubuk di Indonesia lebih tinggi dibandingkan konsumsi susu cair. Padahal kalo kita lihat di Negara lain yang masyarakatnya sudah punya kebiasaan meminum susu sebagai minuman sehari2, akan kita dapati bahwa mayoritas mereka lebih memilih susu cair daripada susu bubuk. Tapi, bagaimanapun, baik itu susu cair atau susu bubuk, masing2 punya kelebihan dan kekurangannya masing2. Selamat minum susu!  
~tulisan ini dari berbagai macam sumber~

9 comments:

  1. masih hobi minim susu ya Mi..hobi y sehat..hehe.. Mang kebiasaan masyarakat qt rada aneh.. ici sejak plg dr Oz, capek nyari yogurt..Y ad model Y****t gitu. Yogurt gk laris disini...gk byk y knsumsi

    ReplyDelete
  2. kadang2 ci, kl ada duit diusahakan beli susu..kadang2 beli kopi juga, jadinya minum kopi susu...=D

    mengenai kebiasaan masyarakat kita, mungkin udah dari jaman belanda udah kayak gitu, jadinya turun temurun sampe anak cucu ci..:)

    ReplyDelete
  3. share sedikit.. krn aq jerawatan (ampe tamat kul minum susu 3x sehari ) jadi stop minum susu. Sumber ebook yg terakhir aq baca (seminggu ini). Singkatnya dya blg ga bgus minum susu sapi. Satu2nya makhluk hidup yg minum susu species lain ya manusia. Manusia ga sama ama anak sapi yg udh dilengkapi enzim pencernaan tuk susu sapi tsb. klo mau minum susu kambing ajah (alasannya panjang) and klo diingat2 sesuai bgt ama sunnah rosul yg minum susu kambing (dya ga mnum susu sapi kan yah)

    ReplyDelete
  4. kl boleh tau, ulfa baca buku apa?

    nyari susu kambing, ga tau dimana fa..belum pernah lihat..>.<

    ReplyDelete
  5. Acne No More ebook... emang aq ga tau juga nyari susu kambing dmn. jadi sama sekali ga minum susu skkr ini.. :(

    ReplyDelete
  6. btw, udah coba nanya ke orang yang lebih paham tentang apa benar kalo susu kambing sebagai sunnah rasul yang terlupakan, trus jawabnya 'susu yang membudaya di zaman Nabi adalah susu kambing. saya tidak tahu atas dasar apa mereka mengatakan sunnah Nabi.'

    mengenai 'satu2nya makhluk hidup yg minum susu species lain ya manusia', setau aku, kucing tkadang juga dikasih minum susu sapi dan mereka minum juga...

    kesimpulannya, daripada ga minum susu sama sekali, aku tetap konsumsi aja susu segar yg beredar sekarang ini..

    ReplyDelete
  7. aku juga pernah baca susu itu adalah minuman yang paling sulit/lama diserap sama tubuh. karena sifatnya menggumpal. ternyata emang lebih bagus susu cair yah..

    ReplyDelete
  8. makasih udah berkunjung,
    yup, i think so..

    ReplyDelete
  9. masalah sunnah ntah juga yah, *apa yg dibuat, dimakan and dikerjain ma nabi mnrt aq jd sunnah ajah* haha

    jangan samain kucing ama manusia dong mi...

    Pernah juga baca buku dari ahli kesehatan jepang, dya juga bilang susu sapi ga bagus.. judulnya ada anzym2nya gtu.. *lupa*

    ReplyDelete

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...