Saturday, December 10, 2011

Aceh Tsunami Museum



Museum Aceh ini udah lama ya dibangunnya, tapi saya baru main ke tempat ini nopember 2011 yang lalu. Bener2 warga Aceh yang baiklah saya ini^^. Padahal orang luar Aceh, lumayan banyak juga yang udah main ke tempat ini..

Baiklah, mulai dari design bangunannya, Museum Tsunami ini berbentuk Kapal Apung, arisekturnya adalah seorang Dosen ITB yang memenangkan kompetisi design Museum Tsunami Aceh, seingat saya pemenangnya mendapat uang 100 juta rupiah~!, keren ya, harga dari sebuah karya cipta.
Kembali ke Museum Tsunami yang berbentuk Kapal Apung, pastinya design ini terilhami dari Kejadian Tsunami Aceh, dimana pada saat itu, Kapal Apung yang beratnya berton-ton itu bisa dibawa oleh arus gelombang laut yang begitu cepat sehingga berpindah lokasinya sekitar beberapa kilometer dari tempat semula.
Nah, bentuk museum yang unik ini, diperkaya dengan ukiran atau ornament khas Aceh seperti ini.


Dibagian luar museum akan kita dapati restoran dan kafe juga mushalla, setelah itu di bagian dalam lantai satunya, terdapat kolam besar yang dikelilingi oleh batu2 bulat yang bertuliskan ‘sesuatu’. Pemandangan kolam itu begitu menyejukkan, tapi yang agak disayankkan, airnya kolam itu sudah tidak terlalu jernih lagi, sepertinya harus dipertimbangkan untuk dibersihkan^^.





2 comments:

  1. cieh...akhirnya Ami sampe juga k Musteum Tsunami =D

    ReplyDelete
  2. iyaaa, taulah yang udah duluan pigi sana, tapi ga ajak2 kita..=p

    ReplyDelete

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...