Monday, January 2, 2012

Catatan Wanita Lajang


Info Buku 
Judul: Catatan Wanita Lajang…Dan Tersenyumlah Pada Dunia
Pengarang : Azimah Rahayu, dkk
Penerbit: Syaamil
Tebal: 238 halaman

Buku ini ditulis oleh para muslimah lajang yang berusia matang tapi belum mendapat kesempatan untuk menggenapkan setengah diennya. Buku ini bagus dibaca baik bagi yang belum menikah ataupun yang sudah menikah. 

Bagi yang belum menikah, menurut saya pribadi banyak hikmah yang bisa diambil dari kisah mereka, untuk ‘busy while waiting’, maksudnya, tetaplah untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif dalam masa penantian, belajar lebih banyak, tingkatkan keahlian. Kesilapan yang pernah dibuat oleh para penulis itu, moga dapat kita ambil hikmah dan berusaha untuk tidak kita lakukan. 

Sedangkan bagi yang sudah menikah, membaca buku ini menurut saya bisa sebagai sarana untuk meningkatkan rasa syukur karena telah menggenapkan setengah dien, disaat banyak muslimah2 lain yang belum ada kesempatan kesana. Ditambah lagi, (mungkin) bisa juga menumbuhkan rasa hormat dan lebih menghargai pasangan. 

Oya, saya sangat tertarik dengan tulisan M. Fauzil Adhim dalam kata pengantarnya di buku ini, ia menanggapi salah satu kondisi yang pernah dialami oleh seorang akhwat penulis, 
“Betapa banyak masalah yang sebenarnya tidak perlu menjadi masalah kalau saja komunikasi bisa berjalan dengan jujur, apa adanya, dan sedikit ada keberanian untuk hidup yang lebih baik….Tidak adakah jalan untuk berkomunikasi lebih baik? Kita kadang bersikap lebih ketat daripada syari’at, meski dalam perkara lain melonggarkan….Tidak selamanya perasaan yang muncul sebelum nikah itu terlarang. Bukankah Nabi saw. berkata, “Tidak ada yang tampak lebih indah bagi dua orang yang saling mencintai kecuali pernikahan?” Lam yura lil mutahaabaini illa an-nikah”.

No comments:

Post a Comment

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...