Monday, July 4, 2011

Oomiai ni Tsuite*


Hm, bingung harus mulai darimana. Ceritanya saat pergi kondangan bersama seorang teman, kami terlibat pembicaraan tentang perjodohan. Maklumlah, namanya juga lagi di kondangan dan secara kami berdua masih berstatus single jadi topiknya ga jauh2 dari rencana masa depan.

Teman saya cerita kalo temannya berusaha jodohin dia dengan seorang cowok. Tetapi ketika cowok itu tahu bahwa teman saya udah s2, dia mundur. Cerita lain, dari teman yang sama juga, Ibunya bilang bahwa teman ayahnya berusaha untuk jodohin teman saya dengan seorang pemuda di kantornya, tapi akhir ceritanya juga sama. Lagi2 alasannya karena teman saya udah s2.

Teman saya ga habis pikir, kenapa cowok2 itu jadi batalin niatnya ya? apa salahnya dia yang udah s2. Curhat teman saya itu. Eit, bentar dulu ya, maksud teman saya ini, bukan berarti dia ngebet banget harus kenal sama cowok itu, dia hanya menyesalkan sikap cowok itu yang terlalu mempermasalah pendidikan teman saya. Sebenarnya kalo ga mu ribet, mikir aja cowok itu mundur, anggap aja belum jodoh. Insya Allah bakal datang yang lebih baik. Selesai.

Tapi, saya tetap kepikiran dan mempertanyakan, ada apa nih dengan para pemuda sekarang, kenapa mereka terlalu mempermasalahkan tingkat pendidikan? Memangnya kenapa kalau tingkat pendidikan muslimahnya lebih tinggi? Apakah kurang berkenan? Kenapa mereka tidak melihat kepada sisi agama nya saja? Huff, bingung. Karena menurut saya, teman saya tuh anaknya baik, ga pacaran, suka nolong teman, ga milih-milih dalam hal jodoh, termasuk high quality jomblo lah kalau saya bilang.

Kalo aja saya boleh kasih pengertian ke cowok-cowok itu, semestinya ga perlulah mereka seminder itu. Masalah tingginya gelar sekolah seorang muslimah, janganlah dijadikan alasan untuk takut. Itu kan sebenarnya masalah rizki. Jika ada muslimah yang udah duluan s2, memangnya kenapa? Itu ya rezeki dia, setelah s1 dapat kesempatan untuk kuliah lagi. Begitu juga para cowok yang setelah s1 lebih memilih untuk kerja, ya itu pilihan dan rezeki kalian. Apa mungkin cowok itu mengira karena teman saya udah s2, lantas menjadi tidak sekufu dengan dia? Kalo dia mikir gitu, mudah2an sih dia ngerti bahwa muslimah yang udah s2 ga selalu berpikir untuk harus punya pasangan yang udah s2 juga, ga selalu! Mungkin 1 diantara 1000 muslimah ada yang seperti itu, tapi teman saya tidak (promosi lagi nih).

Asumsi lain, apa mungkin cowok itu minder, kalo teman saya lebih tinggi gelar sekolahnya jadi bakal ga hormat sama pasangan? atau mungkin dia mikirnya, kalo udah s2, kesannya ga bisa diajak hidup sederhana kali yaaa...padahal ga semua muslimah seperti itu. Sebenarnya saya berharap kalo masih ada cowok2 yang minder atau apalah namanya, harapan saya setelah membaca tulisan ini, mereka lebih terbuka pandangannya dan mengubah paradigma berpikir mereka. Cobalah untuk lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. Mudah2an tulisan ini ada manfaatnya.

*Oomiai ni Tsuite = Tentang Perjodohan
.:Banda Aceh, 4 Juli 2011:.

6 comments:

  1. cowoknya takut merasa tersaingi kali mi...

    lagi pula mnurut aq, klo dari awalnya ajah udah minder, gimana mau jadi kepala keluarga.. so co2 minder, black list ajah, artiny mrka ga punya keberanian...

    ReplyDelete
  2. tapi sayank aja kl da co yang agama dan akhlaknya bagus, tapi minder :(

    ReplyDelete
  3. hehehe..mang gitu kenyataannya Mi, byk cow takut tersaingi kalo pendamping hidupnya py pendidikan tinggi... Bilang ma temennya rahmi (kyknya ici kenal..hehe), bagus tu cow langsung mundur... brarti dia gk siap jd kepala keluarga y baik.. hehe =D

    ReplyDelete
  4. emang co tu udah mundur dari awal ci karena alasan teman kita udah s2... :(

    yaa, mudah2an da co yang lebih baik yang bisa nerima dia apa adanya..

    ReplyDelete
  5. pernah loh ad cow y ngomong gini ke ici "cew tu gk usah tinggi2 x kuliah..S1 ja udah syukur" weits... black list ja deh cow kyk gini...

    InsyaAllah kawan qt tu dpt y lebih baik kok...eh, qt juga dunk..hehe ^^

    ReplyDelete
  6. ckckck, speecless.

    padahal kita kuliah juga supaya bisa lebih berilmu tentang pendidikan, kan bisa dipake juga untuk ngedidik anak..

    iya ci, Insya Allah..yang terbaik untuk dia, untuk kita semua..amiin :)

    ReplyDelete

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...