Thursday, September 9, 2010

Ramadhan di Penang Vs Fukui




Alhamdulillah ada kesempatan merasakan sepuluh hari pertama Ramadhan 1431H di Penang. Suasana ramadhan di Penang, hampir2 mirip dengan di Aceh juga, yang membedakan adalah kalo di sini ramadhannya bareng teman2, dari sahur sampe tarawih sering bareng teman2. Kalo di Aceh, bareng keluarga =).
Yang menarik, selama ramadhan ini, kami jadi lebih kompak, karena untuk urusan sahur kami beli beras patungan dan sahuran bersama di kamar teman yang punya rice cooker =”>, kl urusan berbuka, beli makanannya juga banyak, sekalian untuk rame2, setelah kumpulin duit masing2 dulu pastinya =), biasanya digilir tuh siapa yang bakal beli makanan untuk berbuka dan sahur.
Terus, salat jama’ah magrib bareng teman2 di kamar, setelah berbuka. Terkadang saya ikutan jama’ah dengan teman2, terkadang juga milih salat sendiri karena biasanya teman2 berbuka puasa dengan makan nasi sedang saya cuma dengan kue, jadi lebih cepat selesai dan lebih memilih segera salat magrib setelah itu.
Jika boleh membahas tentang ramadhan di Fukui, pengalaman saya ketika itu, Suasana ramadhan di sana kurang terasa, karena kebanyakan orang Jepang adalah non muslim, jadinya mereka tetap makan2 di tempat umum. Jadi saya harus sabar ngeliat orang makan. Ditambah lagi, dari sahur, salat wajib, salat sunah tarawih, saya sendiri aja,, benar2 menyedihkan.. *lebai sikit ;)*.
Tapi kl sahur ga benar2 sendiri sih, karena ada kak Lia yang sering miskol2 bangunin sahur, ngirim2 sms tausiyah, bener2 penuh perhatian untuk saya yang saat itu sangat kesepian di negara orang. Kalo diingat2 lagi sekarang, saya jadi terharu. Kak Lia baik banget~! Semoga Allah membalas kebaikan Kak Lia dengan lebih baik. Amiin.
Hm, tapi sepertinya, sekarang, ramadhan di Fukui udah lebih menyenangkan karena dapat kabar dari teman kalo di Fukui udah ada Masjid nya,, Masjid yang benar2 Masjid^^,,Alhamdulillah. Maksud saya, ketika saya tinggal di sana selama setahun, para muslimnya saja yang bisa salat jama’ah, krn saat itu kondisi masjidnya adalah rumah seorang pelajar yang salah satu ruangannya dijadikan sebagai tempat untuk salat. Perhatikan kata2 itu, “para muslim saja”. Nah kalo sekarang, masjid yang ada adalah Masjid yang bener2 Masjid, jadinya muslimahpun udah bisa salat jama’ah di Masjid. Alhamdulillah…
.:Banda Aceh, 27 Agustus 2010:.

No comments:

Post a Comment

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...