Saturday, January 2, 2010

Setahun Sudah...


Yah, ga terasa waktu berlalu begitu cepat, udah 1 tahun kurang 1 minggu saya tinggal di jepang, dan tiba saatnya untuk kembali ke Aceh!J. Setelah ini, semuanya akan jadi kenangan tapi saya tidak ingin mengucapkan selamat tinggal karena mimpi untuk kembali ke Jepang masi adaJ, walaupun, saya udah cukup kenyang tinggal di negara ini. Saat merantau di sana, sering kali homesick, pengen pulang ke Indonesia. Tapi setelah sampe di Indonesia, pengen balik lagi ke Fukui=D. Hal yang perlu disadari, bahwa saya sangat bersyukur menjadi orang Indonesia dan tinggal di Indonesia. Bagaimanapun, saya ga tahan dengan cuaca dingin yang sangat ekstrim selama winter *it was very terrible* bener2 no place like home, tapi saya senang banget bisa ngeliat salju *alhamdulillah*. Sebagai seorang muslim juga, tidak ada tempat yang lebih indah dan nyaman untuk beribadah selain di negara tercinta Indonesia. Di sana, huwaa, tidak pernah terdengar suara azan bergema di mesjid2, kalo mu shalat mesti balik ke asrama, begitu juga dengan makanan, juga harus milih2. Hm, tapi salah satu hal yang menyenangkan juga kalo di sana, budaya membungkuknya itu lho..kalo baru kenalan ma orang kan (especially co) saya jadinya ga perlu salaman *I like this*. Selain itu, Alhamdulillah dengan adanya kesempatan merantau ke sana, saya bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri. Belajar belanja (beli beras sendiri..*ini penuh perjuangan*), memasak, bayar tagihan-tagihan setiap bulan (dari listrik, gas, kamar, administrasi, dll) sendiri, hal yang tidak pernah saya lakukan saat tinggal bersama keluarga. Pokoe bener2 mengurus diri sendiri, but I enjoyed my life there. Love it. Kesimpulannya adalah, merantau itu perlu! J, mudah2an ada kesempatan untuk merantau lagii..


No comments:

Post a Comment

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...