Friday, July 12, 2013

Metodologi Riset #2


Ada dua metode penelitian sosial yang umumnya dikenal yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan keduanya dapat dilihat pada paradigma yang digunakan. Misalkan studi mengenai tingkat kebahagiaan orang Aceh, maka data yang digunakan untuk penelitian berupa data kualitatif. Sedangkan saat analisa datanya berupa kuantitatif.

Dikalangan saintis dan sosialis biasanya terdapat dua kecenderungan. Jika saintis menganut numbers without theory, maka sosialis menganut theories without numbers. Terhadap dua kecenderungan ini, sebaiknya diambil titik tengah, yaitu adanya keseimbangan antara theories and numbers (disebut juga mix paradigm).

Berkaitan dengan penelitian, peneliti pastinya berharap hasil penelitiannya dipakai sebagai landasan pengambilan kebijakan pemerintah. Namun harus dipahami juga bahwa pengambil kebijakan punya pemikiran sendiri dan tidak semua pengambilan kebijakan pemerintah berbasis riset.

Paradigma atau Worldview dalam Ilmu Pengetahuan terbagi menjadi positivism, konstruktivisme, dan critical theory. Perbedaan ketiganya dapat dilihat dalam berbagai dimensi. Berkaitan dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Maka, metode kualitatif sangat dipengaruhi oleh paradigma konstruktivisme. Dan paradigm positivism berpengaruh besar pada metode penelitian kuantitatif. 

No comments:

Post a Comment

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...