Sunday, October 16, 2011

Pizza Mie ala Rumahan



Yang namanya pizza ga selalu identik dengan makanan mewah, bagi yang pengen nyoba2 buat pizza ala rumahan juga bisa. Resep ini saya dapat dari buku “Kumpulan Resep Masakan Nova” tahun 1990, udah lama banget yak..^^. Here we go~!
Bahan
1 bungkus Indomie Rasa Ayam Spesial
½ gelas susu encer
1 butir telur
½ bawang Bombay
100 gram daging cincang
5 sendok makan saos tomat
1 buah tomat segar dipotong tipis horizontal
1 buah paprika, dipotong tipis horizontal
¼ dus keju parut
1 sendok teh oregano (jika suka)
1 sendok teh basil (jika suka)

Cara Membuat
1.    Rebus indomie dengan air secukupnya sampai empuk. Tiriskan. Lalu masukkan dalam panci yang telah berisi susu. Campurkan 1 bungkus bumbu Indomie Rasa Ayam Spesial. Biarkan hingga agak meresap. Tambahkan telur. Aduk hingga rata.
2.    Sementara itu tumis bawang Bombay yang telah dirajang halus hingga harum. Masukkan daging cincang dan 4 sendok makan saos tomat. Tambahkan garam, oregano dan basil. Jika terlalu kering, tambahkan dengan sedikit air. Kalau suka pedas, tambahkan adonan dengan bubuk cabai yang terdapat dalam bungkus Indomie.
3.    Ambil cetakan tahan panas, Alasi dengan kertas aluminium foil. Masukkan adonan mie, Lalu tuang adonan isi diatasnya. Susun irisan tomat dan paprika. Taburi keju parut. Diatasnya dihias dengan beberapa sendok saus tomat. Panggang hingga kuning.

Yang saya maksud dengan pizza ala rumahan disini adalah mensiasati resep di atas dengan bahan2 yang tersedia di rumah. Seperti daging cincang, jika tidak ada bisa diganti dengan yang lain, seperti tahu, sosis, atau fillet ikan. Begitu juga dengan paprika, jika tidak ada di rumah, bisa diganti dengan cabe. 
Yang saya kurang ngerti dari resep diatas mengenai ukuran gelas susu encer. Saya coba pakai resep diatas dengan 1 gelas susu encer menggunakan gelas duralex yang kecil, dan hasilnya kurang bagus, mungkin pas nya setengah gelas duralex kecil ya, sekitar 100 ml..selamat mencoba :).

4 comments:

  1. pizza mie buatan ulfa pasti enaak...=)

    ReplyDelete
  2. Ya ampun Mi, td sempat salah baca resepnya..kirain ad pake teh basi..eh, rupanya teh basil..hehe =p
    Btw, gk bisa nyoba...alergi mie instan (_ _!)v

    ReplyDelete
  3. lol..ici nih ada2 aja..=p

    ganti mie instan dengan mie lain yang ici ga alergi :)

    ReplyDelete

The 3rd Trimester: Doa-Doa untuk Meminta Keturunan yang Baik

Ini beberapa doa yang sering saya panjatkan ketika hamil. “rabbi innii nazartu laka maa fii batni muharraran fataqabbal minni, inn...